Laman

Jumat, 12 April 2013

sumber daya alam dan pemanfaatannya/tugas suci/6j/pgsd


Oleh: suciarti wulandari.6j.pgsd

Sumber Daya Alam Dan Pemanfaatannya

a.   Pengertian Sumber Daya Alam Di Indonesia

Sumber daya alam adalah segala kekayaan alam yang tersedia yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk menghasilkan sesuatu, guna memnuhi kebutuhan hidupnya.
Sumber daya alam di Indonesia merupakan kekayaan alam Indonesia.di dalam penjelasan UUD 1945 dinyatakan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya adalah pokok-pokok kemakmuran rakyat.

b.  Persebaran Sumber Daya Alam Di Indonesia

Sumber daya alam tidak sama dan tidak merata terbesar diseluruh wilayah Indonesia. Hal itu terjadi karena setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda dengan daerah lain, bergantung kepada kondisi daerah itu. Namun, terdapat suatu daerah yang satu atau beberapa jenis sumber daya alamnya hampir sama dengan daerah lain. Misalnya, dibidang pertanian tanaman pangan seperti padi, tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Maluku dan irian jaya. Namun, karena luas lahannyaa tidak merata, padi terbanyak dihasilkan didaerah jawa dan Sulawesi selatan.hanya dijawa dan sumetara yang menanam jagung, kedelai, dan jenis palwija yang lain.
Pengendalian persediaan sumber daya pangan dikenakan kepada hasil sumber daya alam dari perkebunan tertentu. Seperti cengkih dan gula pasir. Persebaran cengkih mulai dari Maluku dan Sulawesi utara ke jawa.
Adapaun persebaran sumber daya alam di bidang peternakan melalui pengembangan peternakan rakyat. Sapi, ayam kampung, itik, merupakan beberapa hasil ternak yang penyeberannya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani penduduk Indonesia.
Begitu pula hasil sumber daya alam di bidang perikanan, terutama untuk ikan yang termasuk bahan makanan pokok, seperti ikan gabus yang dapat diasinkan, penyebarannya ke seluruh wilayah Indonesia.
Sumber daya alam dibidang kehutanan diantaranya adalah kayu yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bangunan untuk pembangunan perumahan dan gedung.terjadi penyebaran berbagai jenis kayu gergajian dari hutan di Kalimantan atau sumatera yang disebarkan keberbagai daerah.
Sumber daya alam di bidang pertambangan, khusus untuk minyak bumi dan gas bumi penyebarannya keseluruh wilayah indonesia.


c.   Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Indonesia

1.     Sumber daya bumi dalam bidang pertanian. Usaha mengembangkan tanaman perkebunan yang dilaksanakan melalui pola pengembangan perkebunan besar. Perkebunan besar mengelola seluruh rangkaian kegiatan usaha.
2.    Sumber daya bumi dibidang peternakan adalah ternak, terutama hewan potong. Sapi, kambing, itik, dan ayam, umumnya diternak untuk melayani kebutuhan masyarakat akan protein hewani. Disamping itu, ada juga usaha peternakan bukan hewan potong seperti kuda yang digunakan untuk menarik angkutan umum, yaitu sado atau dokar atau untuk kuda balap.
3.    Sumber daya bumi pada bidang perikanan, yang juga bergantung kepada sumber daya air, menghasilkan ikan laut dan ikan tawar, serta hasil laut lainnya.
4.    Hasil sumber daya bumi dibidang kehutanan terutama berupa berbagai jenis kayu dan rotan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Pada umumnya hasil hutan dipakai untuk bahan baku industri dan bangunan.
5.    Banyak bahan galian dari sumber daya bumi yang dihasilkan oleh pertambangan. Minyak bumi, gas bumi, timah, tembaga, emas, perak, dan batu bara merupakan hasil pertambangan yang keluar dari perut bumi Indonesia.
6.    Disamping sumber daya bumi yang sudah dibahas diatas, peranan sumber daya air tidak kalah pentingnya. Semua bentuk kehidupan, baik manusia, hewan maupun tumbuhan, tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan akan air.
7.    Sumber daya udara merupakan sumber daya alam yang memberikan rangsangan hidup. Tanpa udara, makhluk hidup tidak bernafas. Dari sumber daya udara ini pula dapat ditentukan cuaca dan iklim suatu daerah.
8.    Sumber daya matahari merupakan sumber daya alam yang tidak kalah pentingnya dengan sumber daya alam yang lain. Sinar matahari memberikan kehidupan kepada manusia, hewan, dan tumbuhan. Dimanfaatkan juga untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.


d.  Pengelolaan Sumber Daya Alam Yang Berwawasan Lingkungan

Pengelolaan sumber daya alam harus memperhatikan hal-hal yang akan merugikan lingkungan dan harus mencari dari dampak tersebut. Ada prinsip ekoefisiensi untuk mengelola sumber daya alam. Dalam konteks efisiensi diperlukan adanya perencanaan penggunaan, penolahan, dan penyelamatan sumber daya alam. Serta harus memperhitungkan akibat-akibat yang merugikan baik bagi kelangsungan pembangunan maupun kelangsungan ekosistem.
Sebelum menerapkan ekosifiensi yang tepat terlebih dahulu diperlukan pemahaman mengenai jenis, kondisi, dan nilai setiap sumber daya alam. Sumber daya alam ada yang tidak bisa diperbaharui dengan demikian dalam penggunaannya harus sehemat mungkin. Dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui juga perlu digunakan dengan baik dan hemat supaya bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.
Selain itu diadakannya pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang menekankan pada kondisi tempat dalam pengelolaan sumber daya alam. Misalnya tempat-tempat industri harus jauh dari pemukiman penduduk dan tidak mengganggu sumber air penduduk.

Sumber: departemen pendidikan dan kebudayaan.1997. Ilmu pengetahuan sosial 3 untuk sekolah dasar kelas 5. Jakarta. Balai pustaka.
              Anjani,eni.harianto, tri. 2009. Geografi SMA.jakarta. pt.cempaka putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar