Laman

Kamis, 11 April 2013

kerusakan alam dan solusinya


Kerusakan alam yang pernah kita lihat dan bagaimana solusinya?

1.     Membuang limbah industri ke aliran sungai
Biasanya industri atau pabrik membuang air limbah pada siang hari atau pada sore hari seusai kegiatan dilakukan. Dengan cairan seperti air berbusa, berwarna, keruh, dll. Padahal bisa membuat aliran sungai tercemar, bau, kotor, dan tidak dapat digunakan sebagai sumber air bersih. Ini dapat berdampak buruk bagi manusia dan juga merusak ekosistem yang berada di sekitar sungai.

Solusinya :  yaitu dengan membuat tampungan atau membuat sesuatu yang berguna dari limbah itu sendiri. Dan juga memusnahkan limbah dengan cara mengeringkan air limbah dengan menggunakan sinar matahari. Sehingga para industri tidak perlu membuang air limbag kesungai dan mencemarinya.

2.    Lahan sawah yang dibuat lahan industri
Dewasa ini lahan pertanian semakin menyempit dan hampir kandas oleh bangunan kantor serta industri sehingga tidak ada lagi nyiur hijau yang melambai yang sehari-harinya memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Ini terjadi di bekasi dan sekitarnya. Mengapa para petani tidak mempertahankan? Mengapa pemerintah hanya diam saja? Sungguh pertanyaan yang besar, mengapa?
Ini menjadikan bengsa kita menjadi sulit dan tak terbendungkan mengapa tidak ? bahan pasokan makanan kita saja menjadi mahal dan terbatas. Ini diakibatkkan karena lahan kita yang semakin terbatas sehingga para petani kita hanya mencukupinya 10% nya saja selebihnya kita mengandalkan pasokan dari luar negeri.

Solusinya :  sudah seharusnya pemerintah berperan besar dalam hal ini dengan menyediakan lahan, bibit, dan pupuk untuk para petani mencukupi bahan makan orang Indonesia dengan sistem di gaji perbulan, dan mempertegas kepada perusahaan asing serta memberi penyuluhan kepada pemilik tanah pribadi untuk mempertahankan tanahnya supaya tidak dijual oleh para industri.

3.    Tumpukan sampah di pinggir jalan
Sungguh pilu yaa? Melihat tumpukan sampah seperti gunung dan diabaikan oleh orang, padahal sangat berbau, sumber penyakit, dan kotor. Bagaimana tidak sampah yang menumpuk di pinggir jalan disepanjang kali angke itu sudah tak terurus dan diabaikan oleh orang yang tidak memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungannya, sungguh rendahnya.

Solusinya : yaitu pemerintah mengalirkan dana untuk membersihkan, sebagian warga setempat bekerja bakti, dan setiap warga sadar bahwa menjaga lingkungan itu sangatlah penting bagi kenyamanan hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar